Jumat, 19 Juli 2013

SEJARAH WINDOWS, LINUX DAN MAC


1.      Sejarah Windows


Windows adalah rangkaian Operating System (OS) dan GUI yang dibuat oleh Microsoft. Windows memiliki beberapa versi, diantaranya ada yang sukses dan ada yang tidak.
Perkembangan Windows
Windows 1.0
Versi pertama Microsoft Windows yaitu Windows 1.0 di rilis pada tanggal 20 November 1985. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini akan diberi nama Interface Manager, akan tetapi kepala pemasaran Microsoft Corporation meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama Windows lebih memikat konsumen. Windows 1.0 ini sebenarnya tidak lebih dari MS-DOS yang disempurnakan dan bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki banyak masalah dan kelemahan yang sama seperti yang dimiliki oleh MS-DOS.
Windows 2.0
Versi ini muncul pada tanggal 9 Desember 1987 dan menjadi sedikit lebih populer dari pendahulunya. Sebagian besar karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows adpat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melekukan operasinya dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.
Windows 2.0 menggunakan model memori modus real, yanghanya mampu mengakses memori hingga 1 megabit saja.
Windows 2.1
Selanjutnya 2 versi baru dirilis yakni, Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Sama seperti versi sebelumnya Windows/286 menggunakan model memori modus real, tetapi merupakan versi yang pertama mendukung High Memory Area (HMA) .
Windows/386 2.1 memiliki kernel yang berjalan dalam modus  terproteksi dengan Expended Memory Specification (EMS) standart Lotus-Intel-Microsoft (LIM) .
Windows 2.03
Versi ini menjadi lebih populer dari versi sebelumnya karena sudah mulai pseudo multiitasking. Versi ni bersama versi Windows 3.0 mendapat tuntutan dari Apple karena memiliki modus penampilan jendela secara bertumpukan (cascade), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang ditiru oleh Windows, utamanya adalah masalah tampilan/look dan feel.
Windows 3.0
Versi ini dirilis pada tahun 1990, merupakan Windows pertama yang laris manis dipasaran. Terjual 2 juta kopi dalam 6 bulan pertama. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, versi ini juga mampu mengijinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking).
Versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386.
Windows 3.0 juga hadir dengan versi multimedia yang disebut Windows 3.0 with Multimedia Extension 1.0 yang dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya. Seperti Windows 3.1 dan Windows for Work groups dan menjadi bagian dari Microsoft Multimedia PC.
Windows 95
Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 merupakan Windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi.
Windows 98
Windows 98 yang pertama merupakan Windows yang sangat buruk. Lamban, sering crash dan berbagai masalah lainnya dirilis tanggal 25 juni 1998. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat dan tidak lagi crash (merupakan windows paling stabil yang pernah ada) dengan rilisnya Windows 98SE.
Windows ME
Windows ini dirilis pada September 2000. Konsep-konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME yang dirilis tanggal . Salah satunya adalah konsep yang kemudian populer di suatu hari ada “plug and play”. Sayangnya GUI yang buruk membuatnya tidak populer.
Windows XP
Microsoft merilis versi Windows XP pada Oktober 2001, versi ini merupakan versi Windows yang paling banyak dipakai di seluruh dunia sampai sekarang dan banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat Windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan Windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak dipergunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna profesional.
Windows Vista
Windows ini dirilis tanggal 8 November 2006. Vista  membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari Windows XP dalam penggunaan sehari-hari.
Windows 7
Windows ini dirilis oleh pabrikan pada tanggal 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada tanggal 22 Oktober 2009. Windows 7 adalah Windows yang pertama kali membuat Microsoft berdedikasi untuk merilis Operating System yang baru setiap 3 tahun. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan pasar yang terus melaju cepat, disesuaikan dengan pembenahan fitur yang mengikuti tren teknologi jaman sekarang.
WINDOWS 8
Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan windows 8. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard.
2.     Sejarah Linux

Unix merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia dan merupakan salah satu sistem operasi populer selain keluarga raksasa Microsoft.
Sejarah kemunculan Unix dimulai pada tahun 1965 ketika para ahli dari Bell Labs, sebuah laboratorium milik AT&T, bekerja sama dengan MIT dan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics. Sistem operasi Multics awalnya di desain dengan harapan akan menciptakan beberapa keunggulan seperti multiuser, multiprosesor, dan multilevel filesystem. Namun pada tahun 1969, AT&T menghentikan proyek pembuatan Multics karena sistem operasi Multics ini tidak memenuhi tujuan semula.
Beberapa programmer Bell Labs yang terlibat dalam pembuatan dan pengembangan Multics yaitu, Ken Thompson, Dennis Ritchie, Rudd Canaday, dan Doug Mcllroy, secara tidak resmi tetap meneruskan proyek pengembangan Multics. Bulan Januari 1970, sampailah pada sebuah sistem operasi generasi penerus Multics yang diberi nama UNIX.
Generasi baru Multics ini memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan saudara tuanya. Nama UNIX ini diberikan oleh Brian Kernighan untuk memberi penegasan bahwa UNIX bukanlah Multics.
UNIX memiliki keunggalan seperti yang diharapkan pada awal penciptaannya, yaitu :
  • Multilevel filesystem
  • Multiuser dan Multiprosesor
  • Desain arsitektur yang independen terhadap suatu hardware
  • Berbagai device dapat dianggap sebagai file khusus
  • Memiliki user interface yang sederhana
  • Cocok untuk lingkungan pemograman
  • Memiliki utilitas yang dapat saling digabung
Setahun setelahnya, UNIX dapat dijalankan pada komputer PDP-11 yang memiliki memori 16KB dan sebuah disk berukuran 512KB. Saat itu source code UNIX masih ditulis dalam bahasa mesin (assembler). Kemudian tahun 1973, source code UNIX ditulis ulang dalam bahasa C yang dibuat oleh Dennis Ritchie.
Tujuan Ritchie menggunakan bahasa C karena bahasa C di desain multiplatform dan bersifat fleksibel. Dengan diubahnya source code ini ke dalam bahasa C, maka UNIX dapat dikembangkan dan dikompilasi ulang ke berbagai jenis komputer. Sejak saat itu dibuatlah berbagai macam varian UNIX yang sengaja di desain untuk jenis komputer tertentu.
Setahun kemudian karena merasa UNIX sudah cukup matang, maka Thompson dan Ritchie mempublikasikan sebuah paper tentang UNIX . ternyata UNIX mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari lingkungan perguruan tinggi. Dan UNIX lah yang menjadi sistem operasi favorit di lingkungan perguruan tinggi.
Berawal dari seorang mahasiswa yang bernama Linus Torvald yang dilahirkan di Helsinki, Finlandia 28 Desember 1969, yang telah mengenal bahasa pemograman pada usianya yang ke 10 tahun. Saat itu Linus sering mengutak-atik komputer milik kakeknya, karena hobinya di dunia komputing inilah sehingga ia diterima di University of Helsinki. Dan pada tahun 1990, Linus memulai bahasa pemograman C pertamanya.
Linus lebih cenderung menggunakan komputer milik universitasnya yang menggunakan sistem operasi open source Minix yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum yang  berbasis UNIX. Walaupun cukup bagus Linus merasa Minix masih memiliki banyak kelemahan dan kurang memadai.
Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil dari Linus yang mengutak-atik kernel Minix, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler, selain itu Linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source code-nya, yang ternyata disambut antusias oleh para programmer dan developer di seluruh dunia agar dapat dikembangkan secara bersama-sama.
Sampai saat ini, Linux dibangun oleh berbegai macam komunitas dan banyak sekali distro-distro Linux yang beredar. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, dari yang untuk pemula sampai tingkat lanjut. Namun perlahan tapi pasti, diantara distro-distro tersebut ada yang menyamai atau bahkan melebihi kemampuan dari sistem operasi milik Microsoft dan dengan semakin mudahnya dan semakin lengkapnya dukungan Linux pada harware, besar kemungkinan Linux akan menjadi alternatif atau bahkan sistem operasi utama di dunia.
Saat ini ada 7 distro Linux yang paling terkenal, yaitu :
v  RedHat Linux, distributor paling populer di AS dan salah satu yang paling mudah digunakan.
v  Mandrake Linux, distributor yang menambahkan update dan patch untuk RedHat Linux.
v  Caldera open Linux, distributor linux dengan instalasi dan lingkungan pengguna berbasis grafis yang bagus.
v  Suse Linux, distributor linux paling populer di Eropa yang juga menyediakan perangkat instalasi dan panduan berbahasa Indonesia.
v  Slackware Linux.
v  Debian GNU/Linux.
v  Turbo Linux, distributor linux paling populer di Asia yang menyediakan dukungan untuk set karakter khusus Asia.
3.     Sejarah MAC

images?q=tbn:ANd9GcSW3wqTUed2XtL72U8jymO
Sistem operasi yang dikenal sebagai salah satu sistem operasi yang cantik, elegan, dan mahal dan yang juga merupakan salah satu sistem operasi besar yang bersaing dengan Windows dan Linux, tidak lain dan tidak bukan Macinthos atau yang biasa disebut Mac OS. Dan sistem operasi besutan Apple ini pun mendapat tempat tersendiri bagi para penggemar setianya.
Perkembangan MAC
24 Januari 1984
Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat sistem operasi ini sebagai satu-satunya sistem operasi di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan sistem operasi lain.
Januari 1986
System 3 dirilis dan di sistem operasi ini, file system ala herarki seperti Mac OS dan Linux saat ini diperkenalkan.
13 Mei 1991
System 7 dirilis. System 7 ini adalah salah satu sistem operasi dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997.
Januari 1997
Mac OS 7.6 dirilis. Sistem operasi ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis.
22 Juli 1997
Mac OS 8 dirilis, cukup singkat antar versi Mac OS 7.6 dan Mac OS 8 ini. Di versi ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam 6 bulan saja.
23 Oktober 1999
Mac OS 9 dirilis. Mac ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke ke versi OS X.
24 Maret 2000
Versi terpopuler Mac diluncurkan. Mac kali ini bernama Mac OS X. Mac versi ini membawa perubahan desain besar, utamanya adalah apa yang dikenal dengan Aqua, tampilan khas Mac yang membuat Mac telihat semakin elegan dan modern. Versi ini juga debut dari aplikasi terpopuler Mac, yaitu Dock. Kode nama Mac OS X ini adalah Cheeta.
23 Agustus 2002
Mac OS X 10.2 dirilis. Kode nama kali ini adalah Jaguar.
29 April 2005
Mac OS X 10.4 atau dengan kode nama Tiger dirilis. Tiger versi Mac yang sangat ditunggu kedatangannya dan populer. Buktinya adalah terjual sebanyak 2 juta kopi dalam jangka 6 minggu saja. Tiger juga menjadi Mac pertama yang menggunakan Intel setelah sebelumnya menggunakan Power PC.
26 Oktober 2007
Mac OS 10.5 atau versi Leopard dirilis. Selain itu ada beberapa perubahan di Leopard ini, yaitu Cover Flow di Finder dan fitur yang menjadi jualan utama, yaitu Time Machine.
20 Juni 2011
Mac OS 10.7 dirilis. Kode nama untuk Mac ini adalah Lion. Selain itu ada integrasi yang lebih baik antara IOS dan Mac. Selain itu Lion menjadi Mac pertama yang bisa diunduh di App Store seharga $29. Fitur yang ada di Lion ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui.
16 Februari 2012
Mac OS X 10.8 diumumkan. Kode nama kali ini adalah Mountain Lion. Beberapa fitur yang ada disini adalah adanya iMessage, lalu integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud.
SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 

Rahmat Nurwanto. Copyright 2013 All Rights Reserved